# Baznas Jatim # Jawa Timur # Zakat # jatim # Petani # Baznas Sidaoarjo # Fakir Miskin

Baznas Jatim Gelar Panen Perdana Padi Sawah Organik di Prambon Sidoarjo

25/03/2022 | kang Sulaey

Baznas Provinsi Jawa Timur bersama Yayasan Tunas Bangsa menginisiasi panen perdana padi sawah organik di Desa Gedangrowo, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo, Kamis (24/04/2022).

Ketua Baznas Jawa Timur KH Muhammad Roziqi mengaku sangat senang karena bantuan stimulan berupa benih dan pupuk organik yang diberikan sebelumnya, bisa menghasilkan panen yang maksimal.

"Alhmdulillah, saya merasa senang karena stimulan yang diberikan oleh baznas kepada poktan atau gapoktan yang di sini dalam bentuk pembibitan ternyata berhasil dengan baik. Hari ini merupakan panen perdana," kata Kiai Roziqi melalui keterangan tertulisnya yang diterima BANGSAONLINE.com, Jumat (25/03/2022).

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya ingin mengembangkan program tersebut ke tempat-tempat lainnya. Ia mengaku siap untuk mem-backup para petani anggota dari poktan atau gapoktan, khususnya yang masuk kategori miskin/duafa.

"Kita berikan bantuan dari baznas dalam bentuk zakat produktif. Mungkin bisa melakukan upaya-upaya bagaimana bertani yang baik, monggo kita siap bekerja sama bersama bapak-bapak gapoktan," ungkapnya.

Kiai Roziqi menegaskan bahwa Baznas Jatim tugasnya adalah mengumpulkan zakat, infak, dan sedekah dari para muzaki. Kemudian didistribusikan kepada para fakir, miskin, serta duafa.

"Distribusinya ini harus benar-benar kepada fuqoroí (fakir) masakin (miskin), serta orang-orang yang dhuafa, lemah ekonomi. Mereka-mereka itulah yang selama ini kita bantu," tegasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa pendistribusian zakat, infak, dan sedekah yang dikelola Baznas Jatim selain untuk bantuan konsumtif, juga diarahkan untuk pemberdayaan fakir, miskin, melalui program zakat produktif.

Kiai Roziqi berharap ke depan program tersebut akan dikembangkan ke tempat lain. Bahkan tidak hanya bantuan bibit saja. Akan tetapi, bagi petani yang kondisi ekonominya masih lemah atau duafa yang memiliki semangat tinggi untuk berkembang, Baznas Jatim akan membantu biaya pengembangan pertaniannya.

Kepala Desa Gedangrowo, Slamet, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas Jatim dan Yayasan Tunas Bangsa yang telah memberi kepercayaan kepada Desa Gedang Rowo untuk menjadi tempat pelaksasnaan program persawahan organik itu.

Turut hadir pada acara panen perdana tersebut, Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jatim, Kabid Tanaman Pangan Kabupaten Sidoarjo, dan Ketua Yayasan Tunas Bangsa.

Copyright © 2022 BAZNAS
V.1.0

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ