#BAZNASJatim #BAZNAS #Cianjur

BAZNAS Jawa Timur Kirim Bantuan Rp 706jt Untuk Korban Bencana Cianjur

17/12/2022 | IT BAZNAS Jatim

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Timur KH. Muhammad Roziqi melepas keberangkatan Tim BTB (BAZNAS Tanggap Bencana) Jawa Timur ke Kabupaten Cianjur guna menyerahkan bantuan Rp 706jt untuk korban bencana gempa Cianjur, di halaman gedung Islamic Centre Surabaya, Jumat (16/12/2022).

Keberangkatan Tim BTB Jatim tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan tanggap bencana yang telah dilakukan oleh teman-teman BTB Jawa Timur sebelumnya.

“Pemberangkatan rombongan dari BAZNAS Jawa Timur khususnya BAZNAS tanggap bencana ini sebenarnya menindaklanjuti yang sudah ada di sana beberapa waktu yang lalu, yang pada waktu itu baru dilaksanakan oleh teman-teman dari BTB Jombang”, ujar Kyai Roziqi.

“Kemudian kita dari Jawa Timur ini melanjutkan, dan memang sejak awal sudah atas nama BAZNAS Jawa Timur. Karena kita menunggu mengumpulkan donasi dari BAZNAS se-Jawa Timur, baru hari ini kita bisa memberangkatkan”, lanjutnya.

Beliau juga mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk balasan atas kepedulian BAZNAS Jawa Barat pada saat bencana Semeru pada tahun lalu.

“Ini tindak lanjut sampai dengan tanggal 20, sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan di Kabupaten Cianjur. Nanti kalau tanggal 20 masih perlu diperpanjang, ya kita perpanjang, tidak apa-apa. Demi membantu korban bencana yang ada di Cianjur, karena kita ingat pada waktu korban di Semeru beberapa yang lalu, dari Cianjur, dari BAZNAS Jawa Barat juga luar biasa pedulinya”, terang Kyai Roziqi.

“Berarti kita balas, kita peduli dengan apa yang sudah dirasakan, yang menimpa kepada para korban di Kabupaten Cianjur. Jadi kita saling membantu, sesama umat islam, sesama bangsa, dan sesama BAZNAS, baik jatim-jabar kita saling gotong royong untuk membantu”, katanya. 

Untuk jenis bantuan akan yang diberikan nanti, sebagian besar berupa uang tunai dan sebagian lainnya berupa sembako. Selain itu, juga didirikan dapur umum.

“Bantuannya ya tentunya yang banyak ya uang, kemudian ada sebagian dari teman-teman daerah yang nitip, ya ada yang nitip mie, ada yang nitip minyak, ada yang nitip material yang lain, ada apa kita bawa karena itu kan amanat, titipan. Dan kita di sana juga membuka dapur umum, yang sehari-hari memberikan bantuan kepada para relawan yang bekerja di sana untuk melakukan kegiatan-kegiatan”.

Total donasi yang dihimpun oleh BAZNAS Se-Jawa Timur jumlahnya yaitu lebih dari 700 juta rupiah.

“Kalau uang sendiri yang terkumpul hari ini 706 juta rupiah, cukup lumayan lah. Dari urunan BAZNAS se-Jawa Timur, ada yang 10 juta, ada yang 20 juta, ada yang 300 juta, jadi kita kumpulkan jadi satu jumlahnya 706 juta rupiah”, jelas Ketua BAZNAS Jatim itu.

Kemudian terkait penugasan Tim BTB di lokasi bencana, Kyai Roziqi mengatakan akan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

“Di sana kan sudah ada poskonya, nanti yang di sana membantu khususnya ada dapur umum. Kemudian bisa membantu kegiatan di sana, pyshco social, ya membantu teman-teman yang sudah melaksanakan tugas di sana. Lihat kondisi, kondisi apa yang bisa dikerjakan setelah sampai di sana”.

Sesampainya di lokasi nanti BAZNAS Jatim akan berkoordinasi dengan BAZNAS setempat supaya bisa memanfaatkan donasi dengan sebaik-baiknya dan penggunaannya tepat sasaran.

“Sambil teman-teman kesana, Waka 3 nanti ke sana, bisa koordinasi dengan BAZNAS setempat, kira-kira apa yang nanti bisa dimanfaatkan dari donasi yang kita kumpulkan dari Jawa Timur agar supaya tepat sasaran. Sehingga mereka yang urunan ini paling tidak menjadi jariyah karena membawa manfaat yang luar biasa”.

Terakhir, sebelum melepas keberangkatan tim BTB Jatim, Kyai Roziqi memberikan pesan-pesan khusus kepada personil yang bertugas

“Hati-hati di jalan, kalau capek ya berhenti supirnya di rest area, perbanyak baca sholawat. Kalau sudah sampai di sana ya koordinasi dengan BAZNAS setempat, mungkin ada BTB setempat, atau pemerintah setempat yang bisa diajak koordinasi, tapi utamanya tentu masuknya melalui pintu BAZNAS setempat”, tutupnya.

Copyright © 2022 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ