WhatsApp Icon

BAZNAS RI Perkuat Layanan Digital Mudahkan Muzaki dalam Menunaikan ZIS

baznas perkuatlayanandigital

24/02/2025  |  Penulis: Humas BAZNAS Jatim

Bagikan:URL telah tercopy
BAZNAS RI Perkuat Layanan Digital Mudahkan Muzaki dalam Menunaikan ZIS

#baznas #baznasjatim #digitalisasi #zakat #muzaki

Dalam upaya meningkatkan penghimpunan zakat, infak, dan sedekah (ZIS), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI terus berinovasi dengan menghadirkan layanan terbaik bagi para muzaki. Hal ini merupakan upaya agar masyarakat dapat menyalurkan ZIS dengan lebih mudah, cepat, dan transparan terutama menjelang bulan Ramadhan.

Sebagai bagian dari transformasi digital, BAZNAS mengembangkan berbagai teknologi layanan yang terintegrasi. Seperti pembayaran online, payment gateway, e-commerce, hingga platform donasi digital yang memudahkan masyarakat untuk bertransaksi melalui website resmi BAZNAS. Selain itu, terdapat sistem pencatatan berbasis SIMBA serta layanan komunikasi berbasis teknologi untuk meningkatkan interaksi dengan muzaki.

Sebelumnya, komitmen BAZNAS dalam meningkatkan layanan diungkapkan dalam Pengajian Berbagi Ilmu Berbagi Pengalaman bertajuk "Memelihara Hubungan Baik dengan Muzaki melalui Layanan Prima," yang diselenggarakan oleh Pusdiklat dan disiarkan melalui kanal YouTube BAZNAS TV pada Selasa, baru-baru ini. Acara ini dihadiri oleh Pimpinan BAZNAS RI Bidang Transformasi Digital Nasional, Prof. Ir. Nadratuzzaman Hosen, MS., M.Ec, Ph.D., Direktur Layanan, Promosi, dan Data Optimasi BAZNAS RI Rulli Kurniawan, serta Kepala Divisi Layanan Muzaki D. Retno Damayanti.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Nadratuzzaman menekankan bahwa tugas amil zakat merupakan kelanjutan dari risalah Nabi Muhammad SAW. Oleh sebab itu, menjaga kepercayaan muzaki menjadi aspek penting dalam pengelolaan zakat.

“Kepercayaan muzaki harus dijaga dengan pelayanan terbaik. Mereka perlu mendapatkan pengalaman yang memuaskan dan merasa bahwa dana yang mereka salurkan benar-benar dikelola secara transparan serta memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujar Nadratuzzaman beberapa waktu lalu.

Ia juga menyoroti pentingnya edukasi zakat kepada masyarakat. Menurutnya, semakin banyak masyarakat yang memahami pentingnya zakat, maka semakin besar dampaknya bagi kesejahteraan umat. Oleh karena itu, BAZNAS RI terus memperluas edukasi zakat melalui berbagai kanal digital dan layanan interaktif.

Sementara itu, Direktur Layanan, Promosi, dan Data Optimasi BAZNAS RI Rulli Kurniawan menjelaskan bahwa BAZNAS telah mengembangkan sistem pembayaran ZIS dan DSKL yang terintegrasi secara digital.

“Sistem pembayaran yang mudah dan terpadu akan meningkatkan kenyamanan muzaki dalam bertransaksi, memastikan proses lebih cepat, aman, dan nyaman,” jelasnya.

Kepala Divisi Layanan Muzaki D. Retno Damayanti menambahkan bahwa paradigma layanan kini berfokus pada pengalaman muzaki (Muzaki Experience), dengan konsep Seamless Interaction, Data-Driven Service, Muzaki Loyalty, dan Service Development.

“BAZNAS menghadirkan kalkulator zakat yang user-friendly, robot zakat, serta layanan konsultasi berbasis teknologi untuk mempermudah muzaki,” kata Retno.

Ia menegaskan bahwa layanan prima yang diberikan oleh BAZNAS tidak hanya berbasis teknologi, tetapi juga mengutamakan interaksi humanis dengan para muzaki. Petugas dilatih untuk memberikan informasi yang jelas, transparan, dan responsif terhadap kebutuhan muzaki.

“Kami memastikan setiap transaksi segera diproses dan diinformasikan kepada muzaki. Dengan sistem ini, kepercayaan mereka terhadap BAZNAS akan semakin kuat,” pungkasnya.

Dengan berbagai inovasi dan penguatan layanan yang dilakukan, BAZNAS RI berharap dapat terus meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menunaikan zakat, infak, dan sedekah, serta memperkuat peran zakat dalam meningkatkan kesejahteraan sosial.

Bagikan:URL telah tercopy
Info Rekening Zakat

Info Rekening Zakat

Mari tunaikan zakat Anda dengan mentransfer ke rekening zakat.

BAZNAS

Info Rekening Zakat